manusia

May 9, 2007 at 8:19 am | Posted in mbuh.. | Leave a comment

manusia. selalu sama. tak peduli dari zaman SM hingga zaman 2007 M. semua manusia sama. software dan hardware nya sama. Allah menciptakan semua manusia sama.

manusia terdiri dari naluri(ghorizah), kebutuhan pokok(hajatul udhowiyah-HU) dan akal.

{ naluri manusia ada tiga: 1. naluri Na’u = rasa mencintai dan menyayangi, 2. naluri baqa’= eksistensi diri, 3.naluri tadayyun=penghambaan diri. sifat dari naluri ini pemancingannya bisa dari eksternal maupun internal. emosi, bisa saya sebut sebagai naluri. maka ketika ada orang yangmencintai, yang marah-marah,yang ingin menikah,yang ingin lulus cumlaude,yang merasa kecil di depan tuhannya,yang takut ma bosnya,dll, maka itu adalah naluri. dan itu lumrah adanya.

setiap manusia mempunyai yang namanya tiga naluri tadi. hanya saja,tiap manusia mempunyai proporsi yang berbeda. ada yang naluri nau’nya tinggi,sehingga rasa kasih sayangnya lebih tinggi dibanding manusia yg lain. dan ada juga yang naluri baqo’nya lebih tinggi di banding naluri yang lain.begitu juga dengan naluri tadayyun.  }

{

selain naluri,manusia juga di bekali hajatul udhowiyah-HU (kebuthan pokok). berbeda dengan ghorizah,HU harus dipenuhi.karena, kalo tidak,manusia bakalan mati. kebutuhan pokok adalh kebutuhan yang hadir dari dalam diri manusia. exp: makan,tidur,buang kotoran,dll

}

{

hal yang membedakan antara manusia dengan binatang adalah akal. binatang juga mempunyai ghorizah dan HU. tapi binatang ndak punya akal. maka kata aristoteles,manusia adalah binatang yang berfikir.

}

siapapun manusianya,dimanapun manusianya,kapanpun manusianya hidup. manusia tetap manusia. mempunyai potensi yang sama. hanya pengolahannya yang berbeda. maka sebagai seorang muslim,semestinya,seidealnya,dan sewajarnya, pemenuhan naluri dan HU manusia menggunakan akal yang dibangun berdasarkan sebuah ideolgi yang sempurna yaitu islam saja.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: