Mother of knowledge

May 9, 2007 at 3:31 am | Posted in mbuh.. | 4 Comments

“saya tidak tahu,dari mana, sejak kapan, ada istilah ilmu agama dan ilmu umum” ujar fathul wahid dalam suatu acara yang digelar oleh empat elemen dakwah FTI, selasa lalu.

Menarik sekali ketika saya mengikuti suatu diskusi public yang membahas tentang dikotomi ilmu dan agama. Banyak hal di bahas di sana. Salah satunya dan yang terpentin g adalah tentang dikotomi ilmu. Saat ini, banyak orang berpandangan dan berpendapat bahwa ilmu terbagi dua, yaitu ilmu agama dan ilmu umum. Ilmu agama adalah ilmu yang mempelajari tentang agama. Dan ilmu umum adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang umum, yang kemudian biasanya mempelajari hal-hal di luar ilmu agama. Wacana seperti ini telah mewabah ke seluruh penjuru dunia. Hingga kemudian wacana yang selanjutnya yang muncul adalah bahwa seorang scientist biasanya ndak ahli agama. Dan seorang rohaniwan biasanya gaptek. Maka kemudian jika ada seorang yang ahli di keduanya, itu tampak sangat amazing!wonderfull!! ndak biasanya, dan bukan orang biasa.  Sampai-sampai mbah enstein pun bilang klo “ilmu tanpa agama agama,buta. Agama tanpa ilmu,lumpuh.”

Padahal , masih kata om fathul , bahwa, di dalam islam, ndak ada istilah ilmu agama dan ilmu umum. Islam hanya mengajarkan satu kata yaitu : ILMU. Ndak kurang dan ndak lebih. Disini bisa saya ambil kesimpulan bahwa antara agama dan ilmu bukan suatu hal yang harus dipisahkan. Istilah yang digunakan oleh pak fathul adalah “mengawinkan” antara ilmu dan agama. Namun, menurut saya, bukan mengawinkan, tapi, melahirkan. Semestinya agama menjadi induk ato akar yang mempunyai anak-anak bernama ilmu. Sehingga ilmu yang akan dilahirkan tetap membawa gen-gen dari agama. Sehingga lagi, ndak mungkin  ilmu tersebut terpisah dari agama.Dan islam sebagai agama sudah mampu,sudah mapan,dan sudah lengkap dan sudah sempurna untuk kemudian menjadi mother of knowledge.

4 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Setuju…. subhanallah. terus berkarya ukh..

  2. sipp…cocok ma tugas dasar logikaku…thx y…

  3. Alhamdulillah..senang bisa membantu..

  4. Assalaamu alaikum. Pembahasan di atas ada benarnya, tetapi terlalu singkat. Senang sekali saya kalau anda mampir ke bog saya, membaca artikel terkait dengan tulisan di atas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: