ekstradisi

May 23, 2007 at 8:59 am | Posted in komen saya.. | 1 Comment

B eberapa waktu yang lalu, kata ekstradisi sering terdengar. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah karena adanya perjanjian ekstradisi antara RI-Singapura. Perjanjian ekstradisi sendiri menurut pasal 1 UU 1/1979 tentang ekstradisi adalah penyerahan oleh suatu Negara kepada Negara yang meminta penyerahan seseorang yang disangka atau dipidana karena melakukan suatu tindak pidana di luar wilayah yang menyerahkan dan di dalam yurisdiksi wilayah Negara yang meminta penyerahan tersebut.

Latar belakang utama perjanjian ekstradisi RI-singapura adalah tak lain dan tak bukan karena banyaknya tikus-tikus kantor Indonesia yang menjadikan singapura sebagai surga persembunyian diri mereka beserta harta jarahannya untuk kemudian diinvestasikan di Singapura.

Yang akan saya bahas di sini adalah dampak politisnya. Bukan karena apa-apa,hanya saja saya lebih merasa nyaman jika berbicara dampak politis, bukan dampak hukum ataupun perjanjian international.

Dalam politik international,khususnya diplomasi, ada prinsip “ there is no such a free luch” atau “this for that “ istilah gampangnya “ndak ada yang gratis”. Maka kemudian ketika RI-Singapura mengadakan perjanjian,haruslah kita waspadai dampak2 selanjutnya, mengingat posisi Singapura lebih tinggi dalam persoalan ekstradisi dibandingkan Indonesia yang lebih membutuhkan. Tentunya singapura tidak akan begitu saja menyetujui ekstradisi yang dituntutkan tanpa scenario tertentu. Juga jangan berharap terlalu banyak untuk segera memulangkan para tikus. (bukan su’udzhon, tapi waspada.. :p).

Prinsip “this for that “ tampaknya telah terterapkan pada perjanjian pertahanan RI-Singapura. Ketentuan yang pokok dalam perjanjian pertahanan tersebut adalah singapura,dengan pihak ketiga(sekutunya) bisa berlatih di beberapa wilayah udara,darat,dan laut Indonesia. Pihak ketiga bisa AS,Australia,English. Bahkan AS bisa saja kemudian mengajak Israel sebagai sekutunya. Meskipun secara diam –diam.

Meskipun pengaturan tempat latihan di Indonesia menurut yuridikasi kita,namun kita bisa memperkirakan lemahnya pihak TNI dalam memperoleh akses latihan oleh singapura dkk. Ini akan sangat berdampak pada kedaulatan dan rahasia pertahanan keamanan. Dari segi kemampuan, militer singapura dan pihak ketiga akan menjadi sangat berpengalaman dalam tempur di hutan tropis atau wilayah kepulauan.

Azas reciprocality menjadi sangat tidak imbang karena imbalan bagi Indonesia untuk berlatih di singapura seperti tidak ada gunanya. Memangnya Indonesia kekurangan tempat latihan?

Beberapa hal lainnya, adalah bisa dipastikan Indonesia mencabut “larangan tidak resmi” yang isinya tentang penahanan beberapa tongkang yang akan membawa pasir dan granit ke singapura. Dengan pencabutan larangan tersebut, singapura akan terjamin melakukan perluasan wilayah dengan pasir dan granit Indonesia.

Tentunya perluasan wilayah Singapura akan kea rah Indonesia, tidak ke arah Malaysia, karena Indonesia adalah soft state. Bahkan mungkin tida sekedar soft, ia sudah mlenyek.

// disarikan dari makalah Harwanto Dahlan, dalam seminar tentang perjanjian ekstradisi Indonesia-singapura,FH UII,jumat 11 mey 2007

Solusi dari ini tentulah ada. Indonesia butuh seorang pemimpin yang berani. Berani bertindak. Berani mengambil keputusan.

Namun, permasalahan Indonesia tak hanya persoalan perjanjian ini, masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan.Dan tentunya untuk menyelsaikan complex problem di state ini, tidak hanya butuh seorang pemimpin yang berani. Tapi juga sebuah system yang berani. Dan islam adalah sebuah system yang paling berani untuk kemudian direalisasikan dalam sebuah negeri.

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. assalamu’alaikum ya ahli surga?
    maaf..mau numpang tanya.
    nama panjang anda siapa?
    he..setelahnya nanti br sy beri komentar opini anda?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: