masih terus nyari…

May 25, 2007 at 7:52 am | Posted in mbuh.. | 3 Comments

Semua orang melakukan perjalanan dalam pengembaraannya menuju kebenaran. Ada yang menemukan jalan dengan begitu mudah, meyakini kebenarannya dan istiqomah didalamnya. Tidak sedikit yang mengalami pencarian yang penuh liku, panjang, meski tetap dengan keyakinan tinggi pada tujuan yang akan ditemuinya. Keduanya adalah proses yang jauh lebih baik ketimbang mereka yang diam dalam ketidakberdayaan. Merasa aman dalam lingkaran status yang jelas-jelas mengukung sumber daya akal yang difitrahkan kepadanya. Tapi terkadang kita temukan pada baris-baris kebenaran, sesuatu yang sangat naïf. Klaim-klaim yang tak layak yang mereka sematkan pada diri dan bangunan kebenaran itu. Bagi seorang pencari tentu saja hal tersebut menjadikan mereka harus lebih bijak dalam memilih, apakah itu suatu keniscayaan atau hanya kepalsuan yang terbungkus dalam kain sutra yang indah. Selain itu sang pencari harus juga melihat dengan benar, memilah, menyaring untuk kemudian memilih satu diantara tawaran-tawaran kebenaran yang datang padanya. Tentu saja bahwa tidak selamanya pilihan yang dia ambil adalah kebenaran yang tak pernah salah, pintu-pintu kesalahan tetap terbuka karena bangunan kebenaran ini adalah kumpulan-kumpulan manusia yang mencoba menginterprestasikan pesan-pesan Sang Pemberi Rahmat dan utusan-utusanNya. Kumpulan ini tentu saja akan dirasuki oleh kesalahan dan kealfaan yang merupakan bagian asasi dari dirinya. Dan itu adalah sebuah kewajaran.

Kewajaran akan keterbatasan inilah yang seharusnya menyelubungi setiap potensi berpikir manusia. Kesadaran akan kewajaran ini akan membantu manusia memahami keadaan dunia dengan semua derivasinya. Sikap saling menyalahkan dan merasa paling benar menjadi barang yang asing karena mereka sadar akan fitrah yang diberikan Sang Pembolak-balik hati. Kesadaran akan kewajaran dan kekurangan setiap manusia dengan barisan bangun kebenarannya membuat setiap diri memahami pentingnya kesatuan barisan untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan mulia atas tertancapnya nilai-nilai Robbani dialam semesta.

Yang menyedihkan kadangkala mucul dari sedikit orang-orang yang sudah menemukan kebenaran. Dengan perasaan jumawa menegasikan peran bangunan lain dalam kesatuan perjuangan umat Muhammad….

Tapi mengapa kalian tidak pernah bersinergi untuk tujuan yang jelas-jelas sama…..

by : Anynomous

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. tragis benar.

    dari artikel itu malah mo nanya, memang:

    apakah yg anda dan teman2 anda yg di tanamkan adalah benih-benih untuk bersinergi atau malah benih-benih perpecahan dan mana yang dipetik sekarang? sehingga adil dalam memahami masalah.

    ketika orang lain sekarang berbuat hampir seperti anda karena akibat anda dan teman2 anda, apa dan seberapa besar yang anda rasakan sekarang? apakah pernah terpikir apa yang anda rasakan pernah juga orang lain rasakan bahkan lebih lama dari yang anda rasakan? apakah pertanyaan terakhir dari artikel itu baru muncul sekarang?

    apakah tidak terpikirkan pertanyaan terakhir itu, dulu mungkin juga pernah terlontar oleh orang lain dari yang sedikit yang dimaksudkan? apakah sekarang pun anda dan teman2 anda tidak pernah menyadari sedikitpun sehingga merubah cara anda dan teman2 anda sehingga bisa adil dalam menyikapi masalah dan menanggapi masalah yang sekarang muncul?

    apakah akan terus menyalahkan orang lain walaupun anda sekarang merasa bersalah? dan melanjutkan masalah yang terdahulu untuk terus menjadi masalah kedepan?

    bijaksanalah….

  2. dan pertanyaan terakhir, seandainya saja tidak ada cobaan seperti yang anda alami sekarang, masih seperti apakah anda dan teman2 anda ini, apakah masih sama seperti dulu? dan apakah yang terjadi setelah mengalami cobaan, apakah sama atau berubah?

  3. kita lihat tanggapan artikel2 atau tulisan berikutnya. apakah masih sama atau berubah?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: