Jong part 1

October 22, 2007 at 5:24 am | Posted in mbuh.. | 1 Comment

“beri aku sepuluh pemuda, akan kugoncang dunia!” Soekarno.

Sebuah pernyataan yang jelas mengindikasikan potensi pemuda dalam perubahan dunia.
Tak berlebihan rasanya pernyataan bung Karno tersebut. Tentu saja tak bisa dielakkan
bahwa pemuda merupakan salah satu elemen bangsa yang paling banyak memegang peranan. Selain fisik yang kuat, pikiran dan jiwa yang masih mempunyai peluang untuk terus berkembang menjadi alasan bahwa kenapa harus pemuda.
Terlepas dari apakah goncangan dunia tersebut merupakan goncangan membangkitkan atau malah mematikan, yang jelas pemuda telah menorehkan banyak sejarah di dunia.
Serangkaian kisah dunia telah di torehkan oleh pemuda.
Berdirinya peradaban islam pertama oleh Muhamamad SAW berserta kawan-kawan yang saat itu, rata-rata mereka adalah manusia yang masih berusia muda. Revolusi perancis tahun 1789 dimotori oleh pemuda bernama Napoleon Bonaparte. Tahun 1908 di Turki, kaum Turki muda merebut kekuasaan dari Sultan Abdul Hamid II, yang kemudian pada akhirnya runtuhnya system tatanegara islam satu-satunya. Daulah islamiyah. Pada tahun yang sama, di Indonesia berdiri sebuah organisasi yang dipelopori oleh mahasiswa kedokteran STOVIA, Soetomo dan kawan-kawan, yaitu Boedi Oetomo . meski pada akhirnya terjadi pertentangan mengenai peran serta boedi moeljo dalam kebangkitan Indonesia, namun setidaknya pemuda telah memiliki peran disini. Tahun 1905
berdiri organisasi yang bernama syarekat dagang islam, yang kemudian dikenal dengan nama Sarekat Islam yang juga di pelopori oleh pemuda yaitu Haji Samanhudi dan kawan-kawan . tahun 1928 merupakan puncak persatuan pemuda yang saat itu di tandai dengan adanya sumpah pemuda. hingga pada pernyataan kemerdekaan NKRI, 17 Agustus 1945 itu pun dimotori oleh golongan muda yang mendesak golongan tua. Terakhir kali gebrakan yang dilakukan pemuda Indonesia adalah pada tahun 1998.
Reformasi dari pemerintahan orde lama ke orde baru yang diprakarsai oleh Amien Rais.
Demikian segelintir sederetan sejarah yang telah ditorehkan pemuda dalam menggoyang dunia . sebuah pembuktian dari pernyataan bung Karno.

dan sekarang, pemuda yang menggoncang dunia pun tetap ada. pemuda yang menggoncang dunia yang entah akan membawa dunia kemana arah bangkitnya?!

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Betul tuh, dari dulu dipesantren diajarin klo pemuda adalah tiang negara. cuma masalahnya tiang2 sekarang banyak yg rapuh.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: