jogja belajar..

November 20, 2007 at 8:40 am | Posted in news | 3 Comments

Jogja belajar (www.jogjabelajar.org) merupakan portal belajar yang dimiliki oleh pemerintah provinsi jogja yang diharapkan dapat membantu para siswa untuk belajar gratis dan mudah secara online. Selain berisi bahan ajar dan latihan soal, portal ini juga berisi tentang kebijakan dari pemerintah, informasi pendidikan, informasi dari dinas, dan informasi dari berbagai sekolah. Pengguna juga dapat mendownload berbagai contoh soal ujian yang telah di upload. Portal ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yaitu blog, chat, course, forum, message dan login.

Diresmikan pada 13 Maret 2007, jogja belajar bertujuan untuk meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan. “setiap orang bisa memanfaatkan portal ini sebagai wadah share informasi serta share bahan ajar baru, antar sekolah, antar guru, dan antar siswa. Sehingga diharapkan tercipta pemerataan mutu dari kota sampai daerah, dari sekolah favorit sampai yang tidak favorit”. ungkap Bambang irianto, dinas pendidikan DIY.

Jogja belajar dibangun oleh kerjasama pemerintah provinsi dan pihak swasta, yaitu JIS (Jogja Info Service). Membutuhkan waktu sekitar empat bulan, jogja belajar dibuat menggunakan CMS moodle, dengan menggunakan MySQL sebagai databasenya. Perawatan portal ini pun membutuhkan beberapa tim ahli, “Sesuai SK dari dinas ada pengelola sejumlah 20 orang dan operator sebanyak 10 orang, yang terdiri dari orang dinas dan guru-guru dari beberapa jenjang sekolah dan beberapa guru bidang studi.” Ujar Bambang Kuncoro, staff bidang tehnis jogja belajar.

Hingga saat ini, jumlah pengguna yang terdaftar sejumlah 275. Dan jumlah JVS yang terdaftar ada 12 sekolah. Sedangkan materi jumlah pembelajaran yang tersedia 38 modul yang terdiri dari 5 modul jenjang SD, 12 modul jenjang SMP dan 21 modul jenjang SMU. Sedangkan rata – rata jumlah pengunjung dari bulan juli 2007 hingga September 2007 mencapai 634 pengunjung. (lihat table 1).

Sayangnya, pemanfaatan portal Jogja belajar dari bulan Juli 2007 hingga September 2007 mengalami penurunan. Pada bulan Juli 2007 jumlah pengunjung yang melakukan proses login mencapai 5873, pada bulan Agustus 2007 turun menjadi 3473, dan pada bulan September 2007 hanya 2488 pengguna yang melakukkan proses login. (lihat table 2)

Tabel 1. Data Pengunjung

Tabel 1. Data frekuensi akses materi non-pembelajaran

SD Muhammdiyah condong catur merupakan salah satu sekolah yang aktif memanfaatkan portal jogja belajar. “keberadaan jogja belajar sangan bermanfaat sekali bagi kami, dengan adanya server gratis yang telah disediakan, pemanfaatan internet bisa di maksimalkan, sehingga komunikasi berjalan dengan cepat, dan keadaan institusi kami pun bisa diketahui dinas yang bersangkutan dengan cepat” ungkap Arie Budiyanti, Staff IT SD Muhammadiyah condong catur. Sejak pertama kali di launching hingga saat ini, pengunjung portal jogja belajar SD Muhammdiyah condong catur mencapai 4600 pengunjung. “dengan mengupload informasi ke portal jogja belajar, secara otomatis informasi juga terupload di mesin cari google. hal ini tentu saja sangat membantu dalam hal promosi” tambahnya.

Lain halnya dengan SD Muhammadiyah condong catur, kehadiran jogja belajar di SMU 8 Yogyakarta ternyata dirasa kurang efektif , hal ini dikarenakan dua hal utama yaitu minimnya guru yang mengenal dunia internet dan karena kurangnya monitoring yang seharusnya dilakukan oleh pihak yang berwewenang, “ dulu memang pernah di katakan bahwa akan ada reward bagi partisipan teraktif, penilaian dilakukan dengan monitoring satu bulan sekali, tapi hingga saat ini, monitoring tersebut tidak berjalan “ ungkap Agus, Staff Tata Usaha SMU 8 Yogyakarta. Training yang telah diadakan pun dirasa tidak efektif, “ training yang diikuti oleh staff tata usaha, guru mata pelajaran, dan pihak sekolah hanya dilakukan selama tiga hari, dan tentunya waktu tersebut tidak cukup untuk membuat mereka mengerti bagaimana cara membuat web yang baik dan hal operasional lainnya” tambahnya. Hingga saat ini jogja belajar SMU 8 Yogyakarta hanya di manfaatkan oleh beberapa guru teknologi informasi dan computer dalam proses pembelajaran dan penugasan.

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. tentang materi pelajarannya mana? koq saya cari-cari blm ketemu?

  2. Jogja belajar: LAMBAT!

  3. WOW just what I was looking for. Came here by searching for pendidikan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: