Ikan kembung sambal tomat by Ti_woel

February 5, 2008 at 5:22 am | Posted in cooking | 4 Comments

Ahad lalu, kami jalan-jalan ke pantai depok Yogya. Ternyata kalo hari libur, pantai depok jadi salah satu objek wisata favorit, sehingga suasana pantai menjadi sangat rame. Selain menawarkan keindahan suasana pantai ala pantai selatan, wisata kuliner laut menjadi daya tarik para pengunjung. Disana terdapat beberapa warung makan yang menyediakan tempat untuk makan seafood seperti di beberapa tempat wisata lainnya.

Uniknya, pengunjung langsung membeli sendiri ikan laut di pedagang ikan, kemudian membawa ikannya ke warung tersebut untuk dimasakkan, jadi praktis kita hanya membayar jasa masak dan minum serta lalapan dan nasi putih serta tempat di warung tersebut, selain membayar untuk membeli ikan di pedagang tadi. Saya membeli ½ kg cumi Rp. 15.000,-. Dan jasa masak+lalap Rp.3000,-.
Setelah puas makan di warung, saya jalan-jalan ke perahu yang baru saja mendarat. Ternyata perahu tsb membawa ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Jadi deh.. ikan-ikan segar yang murah meriah. Hitungan bukanlagi per kg, tapi per plastic hitam. Sekalian deh beli 1 plastic ikan yang berisi 5 ekor ikan kembung berukuran sedang hingga besar dan beberapa ikan yang gak tahu namanya, seharga Rp.10.000,-.
Sampai rumah bingung mw diapain ikannya, akhirnya sms si ti_woel, trus dikasih resep ini deh…
Disajikan bersama sayur bening di saat buka puasa! Segernya….
Special thanks to Ti_woel..

Saos tomat :
3 siung Bawang merah
1 buang Tomat merah
Garam secukupnya

Sambal halus :
Cabe sesuai selera
3 siung bawang merah

Bahan Lain:
2 ekor ikan kembung
5 batang kemangi, siangi daunnya
1 sdm minyak goreng

Cara memasak :
1. Setelah di potong dan dibersihkan, balurkan campuran air jeruk nipis dan garam pada ikan kembung
2. Goreng ikan kembung
3. Tumis saos tomat hingga harum
4. Masukkan sambal halus
5. Tambahkan garam dan gula secukupnya
6. Masukkan daun kemangi
7. Masukkan ikan kembung yang telah digoreng
8. Aduk rata dan sajikan hangat-hangat!

4 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. alhamdulillah…..udah bisa masak…
    semoga tambah disayang suami……

    cie..cie…^_^

  2. Wah udah bisa masak ya enx? hehe…selamat yoo

  3. Enxx…Höney…Aq dipadang ne…
    Coba ada kamu qt bisa jalan2 ke rumah gadang trus berdoa ber2 lg.Enx..Aq sayang bngt..Ma kamu..Banget…Banget..

  4. kalo resep Ikan kembung sambal tomat gratis punya ngga mbak???bagi resepnya donk….:D


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: