laskar pelangi

May 30, 2008 at 6:34 am | Posted in Book | 2 Comments

Judul : Laskar pelangi
Pengarang : Andre Hirata
Rating : 4 of 5

waktu saya bilang “hari ini saya menamatkan laskar pelangi”,pada awal bulan
mei 2008,gita bilang “hari gini baru baca laskar pelangi??”
memang tergolong telat saya ini, karena memang pada awalnya saya tidak
tertarik dengan novel ini. saya berfikir, pasti novel ini tidak berbeda dengan novel2 lain yang menjemukan.

cerita bermula ketika saya sedang mudik selama 2 minggu.tak ada kegiatan
berarti,suasana mulai membosankan. yang ada saat itu hanya sebuah novel
berwarna merah jambu dengan judul “laskar pelangi”. iseng baca ternyata
isinya memang patut untuk dibicarakn dan cukup membuat saya terkesan.
bercerita tentang 11 anak asal balitong yang bersekolah di sebuah sekolah
sangat sederhana bernama SD Muhammadiyah. meski terbatas pada fasilitas,
semangat hidup 11 anak tersebut tak surut 1 mm pun. apalagi jika melihat
bagaimana si lintang, mahar, dan flo -3 anak yang “lebih” dibanding lainnya-
dalam menjalani hidupnya.
saya tertarik bagaimana andre menceritakan sesuatu yang sederhana -sebenarnya-
menjadi sesuatu yang istimewa.
tentang sebuah kisah masa kecil dan segala macam isinya dengan segala ke
sederhanaannya,menjadi sesuatu yang ternyata sangat..berharga.
Dengan bahasa penceritaan yang sarat dengan sains dan sedikit bumbu sastra,
buku ini sarat dengan pelajaran hidup,tak cukup disitu buku ini juga sarat
dengan nilai-nilai keislaman.
satu hal yang cukup mengena di bagian akhir novel saat andre mengatakan,
“orang yg berusaha ibarat orang yang ditutup matanya kemudian mengambil buah
dalam keranjang, buah apapun yang akan diambil dia tetap berupa buah,dan
orang yg tidak berusaha ibarat org yg ditutup matanya kemudian mengambil kucing
di dalam karung, meskipun sebenarnya di dalam karung tidak terdpat kucing”.
bagi saya novel ini jauh lebih religi dibanding novel yang katanya “religi”.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. waah, bener juga mbak, novelnya lebih islami ketimbang novel yang “katanya” islami
    mungkin kita sering terjebak dengan label islamnya jd g saadar kalo ada yg nyimpang

  2. Buku ini emang bagus banget…… udah baca berulang kali tetep aja gak bosan-bosan. Jadi penasaran ama buku ke 4 nih, soale triloginya udah punya🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: