Bagaimana cara menentukan keyword?

February 14, 2015 at 11:25 pm | Posted in Uncategorized | 2 Comments

Masih kelanjutan dari postingan pertama tentang bagaimana cara membuka online shop. Jika kita sudah menemukan passion kita jualan apa, maka saatnya menentukam keyword untuk toko online kita.

Apa itu keyword? Keyword adalah kata kunci yang digunakan pengguna internet untuk mencari sesuatu yang ingin mereka temukan. Sangat penting untuk menentukan keyword yang tepat. Karena ramai tidaknya toko online kita bergantung sangat pada keyword ini. Karena google itu seperti peta atau pemandu pasar. Semacam resepsionis. Setiap pengguna mencari sesuatu, maka di harus tanya ke resepsionis (google) dimana yang jual barang ini. Kalo user sudah tahu nama tokonya, user bisa langsung ke toko itu, tapi klo user belum tahu nama tokonya, user akan ke google dan bertanya dengan memasukkan keyword ke google. Jika tokomu dikenal google, google akan merekomendasikan kepada user.

Bagaimana cara google mengenali tokomu? Google akan mengenali dari deskripsi produk, nama produk, dan sesuatu tentang produk yang kamu tulis yang mengandung keyword tertentu. Jadi, sangat penting untuk mendeskripsikan produk dan menentukan nama produk berdasarkan keyword yang banyak di cari di google. Sebenarnya ada beberapa cara research keyword. Cara yang paling mudah kita bisa menggunakan google trend.
1. Buka http://www.google.com/trends/

image

Google trend

Disini kita bisa melihat keyword apa yang paling sering dipakai oleh user. Kita juga bisa mengetahui wilayah user yang melakulan pencarian.

2. Masukkan keyword yang ingin kamu coba. Saya beri contoh “popok kain”. Saya ingin tahu trend pencarian keyword “popok kain” di google selama satu dekade ini. Saya pilih negaranya Indonesia karena target pasar saya untuk orang Indonesia. Kemudian saya klik dan akan muncul hasil sbb:

image

Setelah saya masukkan keyword “popok kain” muncullah trend, kawasan dan keyword yang digunakan. Dari hasil diatas, kita jadi tahu jika pencarian dengan keyword “popok kain” sempat mengalami puncak pencarian pada tahun 2011, kemudian mengalami penurunan yang cukup tajam dan untuk selanjutnya kenakan dan penurunannya cukup stabil.

image

Minat kawasannya tadi saya pilih Indonesia saja.

image

Dan ini urutan keyword yang paling banyak digunakan. Ternyata berkaitan dengan popok kain, keyword yang paling banyak digunakan user adalah “popok bayi kain” diikuti “popok bayi” dst.
Nah, begitulah cara simple melakukan research tentang keyword di google trend. Kamu bisa coba dengan memasulkan keyword lain yang ingin kamu coba.
Semoga membantu!

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. tapi keywordnya bukan keyword abadi jadinya

    • Setidaknya jadi tahu mau jualan tentang satu niche itu..😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: